Rabu, 09 April 2008

MANAJEMEN INFORMATIKA

Sejarah D3


Persaingan bisnis dalam era informasi telah mencapai tahapan kompetisi yang sangat ketat, di mana sistem pengelolaan bisnis secara konvensional tidak lagi memadai. Karena itu kebutuhan akan informasi yang cepat dan akurat sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan bisnis strategis.

Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, perlu adanya rancang bangun sistem informasi yang terkini dan terpadu serta mampu mengolah data terdistribusi pada jaringan komputer yang luas dengan dukungan teknologi internet dan intranet.

Program Studi Manajemen Informatika mendidik mahasiswanya dan mempersiapkan lulusannya menjadi ahli madya komputer yang dapat menguasai teknologi informasi yang banyak digunakan dalam dunia usaha dan bisnis baik pemerintah maupun swasta, sehingga mampu menganalisis dan merancang bangun sistem informasi berbasis komputer.


PROFIL D3 MANAJEMEN INFORMATIKA


Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi telah menghantarkan Teknologi Informasi menjadi satu komponen penting dalam dunia bisnis. Para pelaku bisnis berlomba-lomba menguasai informasi yang cepat dan akurat untuk dapat melakukan pengambilan keputusan strategis.

Kondisi global tersebut menuntut tersedianya manajemen dan staf ahli yang mampu mengakomodasi dan mengintegrasi elemen-elemen teknologi informasi dalm usaha untuk menciptakan sistem Informasi manajemen yang handal dan terpercaya, untuk dapat mendukung kelangsungan perusahaan.


Alur Studi telah disusun melalui supervisi yang ketat dari berbagai pihak, baik akademisi maupun praktisi bisnis, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang akan menjadi solusi kebutuhan dunia kerja saat ini.

Visi

Menjadi Ilmu pendidikan tinggi teknologi informasi yang terbaik dengan ukuran jumlah & kualitas sumbangan kepada dunia industri.

Misi


• Menciptakan Ahli Madya Komputer yang mempunyai keahlian dan penguasaan terhadap Teknologi Informasi dengan bekal kemampuan manajemen, sehingga mampu menganalisis dan merancang Sistem Informasi berbasis komputer yang handal dan dapat menjawab kebutuhan dunia bisnis akan kecepatan dan keakuratan Informasi Manajemen.


• Berbekal kemampuan menyeluruh meliputi Sistem Informasi Perusahaan, Bahasa Pemrograman, Database, Optimasi, Aplikasi berbasis Web, dan Manajemen Jaringan, dengan penekanan umum pada Applied Science.

Strong Point


• Titik berat pada Teknologi Informasi terapan (Applied Science), sehingga diharapkan mampu menjadi lulusan siap kerja dan dicari oleh para Pelaku Bisnis.

• Waktu studi yang lebih singkat sehingga lebih efektif dan hemat biaya.


Peluang dan Prospek Kerja Lulusan

Programmer

Berbekal penguasaan terhadap structural-procedural logic dan object-oriented programming sebagai dasar dari sistem kerja Komputer, Lulusan D3 dapat menguasai dan membuat aplikasi menggunakan berbagai bahasa pemrograman yang ada, sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing bahasa pemrograman. Lingkupnya mulai dari pemrograman aplikasi stand-alone (dalam satu komputer), aplikasi berbasis jaringan, dan aplikasi berbasis web (internet).

Database Administrator


Database adalah komponen utama Sistem Informasi, kecepatan dan keakuratan informasi harus selalu dijaga dan di-maintenance. Ancaman keamanan juga menjadi perhatian khusus dalam mengelola suatu database.

Network Specialist


Komputer sebagai komponen sistem informasi tidak berdiri sendiri-sendiri, melainkan saling berinteraksi baik secara intranet maupun internet. Kebutuhan akan akses jaringan diiringi juga kebutuhan akan keamanan yang tinggi dan pengaturan efisiensi setiap terminal komputer.


Tidak ada komentar: